July 9, 2020

Apa itu Operasi Katarak dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Seiring bertambahnya usia, mata kita mengalami proses penuaan. Pertama-tama Anda mungkin mulai melihat penglihatan dekat Anda menjadi sedikit lebih buruk dan bahwa Anda perlu memegang sesuatu sedikit lebih

dekat. Maka Anda mungkin perlu mulai mengenakan kacamata baca; ini disebut presbiopia. Di sinilah lensa di dalam mata tidak bisa lentur serta ketika kita muda dan tidak bisa membungkuk ke fokus dan lensa mulai menjadi keruh.

Seiring

melihat anatomi mata kita semakin menua lensa menjadi kaku dan kaku dan sangat keruh, ini disebut katarak. Jika tidak terdeteksi lebih awal, katarak bisa menjadi sangat buruk sehingga Anda mungkin tidak dapat melihatnya dan Anda kehilangan kemampuan untuk melihat dengan jelas, menavigasi, membedakan antara warna dan kehilangan kontras.

Idealnya, sebelum menjadi seburuk itu, kami sarankan melakukan operasi katarak untuk memulihkan penglihatan Anda. Tujuan utama operasi katarak adalah untuk melepas lensa lama dan menggantinya dengan lensa intraokular buatan (IOL) baru untuk meningkatkan penglihatan Anda. Banyak orang tahu tentang katarak tetapi tidak jelas tentang apa yang sebenarnya melibatkan operasi.

Tahap awal operasi katarak adalah ahli bedah mata membersihkan dan mematikan mata dan juga melebarkan pupil; ini untuk membantu ahli bedah mata melihat katarak dengan jelas. Mata dipegang terbuka sepanjang prosedur dengan spekulum.

Kebanyakan orang terjaga selama operasi dan anestesi biasanya diberikan melalui obat tetes mata yang membutuhkan waktu beberapa detik untuk bekerja. Anda tidak harus merasa tidak nyaman tetapi mungkin merasakan tekanan dan akan melihat cahaya yang terang. Dokter bedah kemudian akan membuat sayatan semenit, yang bisa kurang dari 2,2 mm.

Zat yang disebut viskoelastik diperkenalkan untuk menstabilkan mata dan menjaga tekanan. Kapsul lensa adalah tempat duduknya lensa alami Anda, dokter bedah akan membuka sebagian kecil dari ini untuk dapat melepaskan lensa lama dan memasukkan lensa baru. Bergantung pada seberapa buruk kataraknya, dokter bedah mungkin perlu mengelompokkan katarak sebelum diangkat.

Penghapusan lensa disebut phacoemulsification (phaco), di sinilah ahli bedah mata akan menggunakan mesin dengan potongan tangan ultrasonik. Ujung potongan tangan bergetar pada frekuensi ultrasonik yang membuat zat lensa mengemulsi yang kemudian diirigasi dan disedot keluar. Jika perlu, ahli bedah kemudian dapat memoles kapsul sebelum memasukkan lensa intraokular baru. Lensa baru biasanya dilipat dalam injektor.

Injektor menempatkan lensa di dalam kapsul dan saat dibuka, dokter bedah membimbingnya masuk ke tempatnya. Viskoelastik kemudian dihilangkan melalui aspirasi. Setelah ini dilakukan, ahli bedah mata akan memeriksa mata untuk memastikan semuanya sempurna dan sayatan itu kedap air, dan kemudian berikan antibiotik dan steroid tetes mata. Penggunaan jahitan biasanya tidak diperlukan karena sayatannya sangat kecil dan tertutup sendiri. Dokter bedah kemudian akan menempatkan pelindung mata / patch di atas mata untuk melindunginya dan operasi selesai.

Jika kedua mata memerlukan operasi, mereka biasanya akan dirawat pada hari yang berbeda untuk mencegah risiko menginfeksi kedua mata dan juga untuk melihat bagaimana mata pertama sembuh. Operasi ini memakan waktu rata-rata 20 menit per

klinik mata bekasi dan Anda dapat berharap untuk pergi dalam satu jam atau lebih setelah operasi. Visi Anda harus meningkat secara bertahap selama 24-48 jam ke depan. Pemulihan visual penuh dan mencapai hasil akhir mungkin membutuhkan waktu hingga 4 minggu.

Samer Hamada adalah konsultan spesialis mata dan ahli bedah kornea yang melakukan operasi mata di tempat praktiknya, Eye Clinic London. Dengan pengalaman hampir dua dekade, Mr. Hamada diakui sebagai ahli terkemuka di bidang katarak, pertukaran lensa bias (RLE) dan operasi kornea.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *